vagina gatalVagina gatal . Vagina adalah organ intim yang sangat penting bagi seorang wanita. Salah satu fungsi vagina yang paling penting adalah melahirkan seorang bayi.

Seringkali vagina gatal disebabkan oleh iritasi yang terkadang bisa hilang hilang dengan sendirinya. Itu masih di kategorikan normal.

Namun jika vagina gatal menetap dan terus menerus maka harus di waspadai dan ditangani dengan tepat.

Vagina gatal merupakan pemicu beberapa penyakit seperti kanker serviks dan keputihan. Karna itu vagina yang sering gatal tidak boleh di spelekan.

Mari kita bahas dulu apa saja yang menjadi penyebab vagina gatal.

Pertama , Sabun pembilas vagina atau pengharum vagina. Kandungan kimia yang terkandung pada sabun pembilas dan pengharum vagina bisa menyebabkan vagina sangat gatal.

Kedua, Tingkat esterogen yang tinggi pada wanita. Ini sering terjadi pada saat mau haid. wanita sering mengeluhkan vaginanya gatal. Ini masih di kategorikan normal.

Ketiga, Pembalut yang di gunakan pada saat haid. Pembalut yang mengandung banyak bahan kimia akan menyebabkan iritasi dan vagina akan gatal. Dan lebih parahnya bisa menyebabkan vulvitis.

Keempat, Celana dalam yang ketat dan juga lembab. Menggunakan celana dalam yang terlalu ketat menyebabkan organ kewanitaan sulit bernafas dan pengap. Begitu juga celana dalam yang lembab. Menyebabkan bakteri dan jamur cepat berkembang biak.

Kelima,Detergen atau pewangi pakaian. Celana dalam yang tidak di cuci dan di bilas dengan bersih juga dapat menyebabkan vagina akan gatal.

Itu lah beberapa penyebab dari vagina gatal. Bermula dari gatal biasa namun jika di biarkan berlanjut akan menyebabkan penyakit lain yang lebih parah.

Selanjutnya kita bahas cara pencegahan ataupun mengobati vagina gatal.

  1. Hindari pemakaian sabun pencuci atau pewangi vagina.
  2. Jaga kebersihan vagina.
  3. Jangan memakai celana dalam yang ketat dan juga lembab.
  4. Setelah BAK lap vagina sampai kering dari bawah ke atas.
  5. Jika sudah gatal, Hindari untuk menggaruknya. LebIh baik hanya di tepuk-tepuk saja pada bagian yang gatal.
  6. Kompres dengan air dingin pada bagian yang gatal.
  7. Pada saat mandi jangan gunakan air yang panas untuk mencuci vagina.
  8. Ganti pembalut setiap 4 jam pada saat haid. Minimal 4 kali sehari.

Jangan anda menganggap kalau vagina gatal merupakan hal yang biasa. Karna ini bisa jadi gejala dari keputihan. Kami sebagai pemerhati wanita dan ibu membantu dan merekomendasikan untuk menggunakan MANJAKANI KANZA. Kandungan buah manjakani dan ekstrak herbal serta rempah pilihan bisa merawat kesehatan dan kebersihan vagina. Jadi keluhan anda dengan vagina gatal bisa teratasi dengan manjakani kanza. Bukan hanya itu saja baca khasiat manjakani kanza lainya !!

 

Comments are closed.