Inilah Hal Yang Harus Dihindari Saat Keputihan

ManjakaniKanza.com – Meskipun keputihan merupakan masalah kesehatan umum yang terjadi pada wanita, namun masih banyak wanita yang tidak memahami tentang keputihan dan menganggap keputihan merupakan masalah yang sepele. keputihan memang tidak menimbulkan dampak yang segera, namun dalam jangka panjang keputihan memiliki dampak yang berbahaya. keputihan yang mulanya hanya keputihan normal atau keputihan ringan dapat menjadi berbahaya jika salah penanganannya.  untuk menghindari akibat yang tidak diinginkan, dibawah ini akan dibahas beberapa hal yang harus dihindari saat keputihan.

Keputihan dapat makin parah jika diabaikan tanpa diobati ataupun penanganan yang salah, berikut hal yang harus dihindari saat keputihan:

  1. Mencuci Miss V dengan bahan yang salah.
    Miss V memiliki kondisi yang unik, keseimbangan PH serta biotik di dalamnya menjaga kondisi V tetap sehat. saat kondisi di dalam V terganggu, cairan V akan mengalami peningkatan, tujuannya untuk menetralkan atau membuang benda asing (jamur/bakteri patogen) yang menganggu. Mencuci Miss V dengan bahan yang salah, justru akan mengganggu cairan v tersebut. misalnya jika menggunakan sabun dengan PH basa, akan menyebabkan v menjadi kering, sehingga cairan v yang bermaksud untuk membuang benda asing tersebut tidak dapat bekerja dengan baik. selain itu penggunaan pembilas V yang mengandung antibiotik dapat membunuh bakteri baik di dalam V. disarankan jika keputihan yang keluar terlalu banyak cucilah menggunakan bahan yang netral dan lembut, atau gunakan bahan yang alami, seperti air rebusan sirih. jangan melulu mencuci V saja, tapi atasi dari sumber masalah, obati keputihan anda.
  2. Menggaruk Miss V karna Gatal
    Terutama pada keputihan yang disebabkan oleh jamur, rasa gatal yang ditimbulkan sangat mengganggu. menggaruk V mungkin akan menghilangkan gata untuk sementara, namun dapat mengakibatkan iritasi pada V, ciri-cirinya yaitu lecet, kemerahan, panas, dan gatal yang disertai perih. iritasi ini justru akan memudahkan
  3. Menggunakan bedak atau pewangi
    Penggunaan bedak atau parfum untuk tujuan menghilangkan bau keputihan justru akan memperparah keputihan, bahan pewangi pada parfum dapat membunuh bakteri baik dan merusak kondisi lingkungan V.
  4. Menggunakan pantyliner dalam waktu yang lama
    Pantyliner memang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi keputihan yang merembes keluar, namun jika digunakan dalam waktu yang lama, akan mengakibatkan lingkungan v menjadi pengap dan lembab. kondisi ini sangat disukai bakteri dan jamur, sehingga keputihan menjadi semakin parah. olehkarena itu obatilah keputihan dari sumbernya bukan cuma mengatasi keputihan yang keluar saja.
  5. Tidak disiplin mengkonsumsi obat
    Umumnya obat2 yang digunakan saat keputihan adalah antibiotik. antibiotik memang ampuh membunuh bakteri namun jika pengobatan tidak tuntas, bakteri yang tidak mati akan menjadi kebal. bakteri yang telah kebal ini tidak dapat diobati dengan antibiotik yang sama, harus menggunakan antibiotik dengan dosis yang lebih tinggi. kabar buruknya, jika anda sudah menggunakan antibiotik dosis tinggi namun tidak sembuh juga, akan sulit menyembukan keputihannya karna bakteri sudah menjadi kuat. gunakan obat-obatan berbahan herbal, karna produk herbal tidak menyebabkan efek resistensi (kebal) pada bakteri. >> herbal rekomendasi untuk mengobati keputihan
  6. Berhubungan saat keputihan
    Saat keputihan tidak disarankan berhubungan. bakteri dan jamur pada keputihan akan tersebar dirongga v saat berhubungan. olehkarena itu obatilah keputihan anda terlebih dahulu, jangan didiamkan saja.
  7. Menggunakan pakaian yang ketat
    Sama seperti saat menggunakan pantyliner, pakaian yang ketat menyebabkan miss V menjadi lembab. akibatnya bakteri dan jamur tumbuh dengan subur.

Selain hal2 diatas, faktor makanan juga dapat memperburuk kondisi keputihan. adapun makanan yang harus dihindari saat keputihan adalah:

  1. Makanan dengan kadar gula yang tinggi
  2. Makanan yang mengandung ragi
  3. Buah-buahan yang dikeringkan

Demikianlah beberapa hal yang harus dihindari saat keputihan. semoga membantu, jangan lupa share ya, 😀

One Comment