Didik Anak Tentang Haid dan Gangguannya Sejak Dini

Pendidikan HaidPendidikan tentang haid harus di ajarkan semenjak dini kepada anak yang mau beranjak dewasa, dikarenakan apabila si anak telah mengalami haid dia tidak takut dengan keadaan yang di alaminya. Pendidikaan tentang haid dengan di dampingi dengan pendidikan seks di usia dini   banyak memberi efek positive terhadap anak seperti menerima setiap perubahan fisik yang di alaminya dengan wajar dan apa adanya dan memperkuat rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap dirinya sendir.

Haid merupakan hal yang fisiologis yang di alami setiap wanita apabila telah beranjak remaja. Beberapa pengertian haid menurut buku dan para ahli. Haid merupakan proses kematangan seksual bagi seorang wanita. Haid adalah pendarahan secara periodik dan siklik dari uterus, disertai pelepasan (deskuamasi) endometrium . Panjang siklus haid yang normal atau dianggap sebagai suatu siklus yang klasik adalah 28 hari , tetapi cukup bervariasi tidak sama untuk setiap wanita. Lama haid biasanya antara 3-5 hari, ada yang 1-2 hari diikuti darah sedikit- sedikit dan ada yang sampai 7-8 hari. Jumlah darah normal yang keluar rata-rata 33,2 ± 16 cc. Rata-rata panjang siklus haid pada gadis usia 12 tahun ialah 25,1 hari, pada wanita usia 43 tahun 27,1 hari dan pada wanita usia 55 tahun ialah 51,9 hari.

Apabila siklus haid yang terjadi diluar keadaan normal, atau dengan kata lain tidak berada pada interval pola haid pada rentang waktu kurang dari 21 atau lebih dari 35 hari dengan interval pendarahan uterus normal kurang dari 3 atau lebih dari7 hari disebut siklus haid/haid yang tidak teratur. Gangguan Haid digolongkan atas 4 bagian yaitu kelainan banyaknya darah dan lamanya pendarahan pada haid, kelainan siklus, perdarahan di luar haid, gangguan haid yang ada hubungannya dengan haid. Menurut Berek (2002) ada enam jenis gangguan haid yang termasuk kedalam siklus haid yang tidak teratur adalah oligomenorea, polimenorea, menoragia, metroragia, menometroragia,  hipomenorea. Variasi dari siklus haid dan gangguan haid sering terjadi

Perubahan pola haid dipengaruhi usia seseorang stres , pemakaian kontrasepsi , penyakit pada ovarium misalnya: tumor , kelainan pada sistem saraf pusat- Hipotalamus dan Hipofisis . Perubahan pola haid normalnya terjadi pada kedua ujung siklus haid ,yaitu waktu remaja dan menjelang menoupause. Dalam siklus haid masa remaja dan menjelang menoupase, dinding rahimnya hanya dirangsang pertumbuhannya oleh estrogen. Hanya hormon FSH saja yang dikeluarkan oleh kelenjar bawah otak. Akibatnya siklus haid tidak teratur.

Wanita usia reproduktif banyak memiliki masalah haid atau haid yang abnormal,seperti sindrom haid dan haid yang tidak teratur . Wanita-wanita usia reproduktif zaman modern seperti sekarang ini sering dihadapkan pada berbagai masalah-masalah psikososial, medis dan ekonomi, sehingga dapat menimbulkan stres bagi wanita yang tidak mampu beradaptasi dengan tekanan eksternal dan internal. Sehingga stres dapat dikatakan sebagai faktor etiologi dari gangguan haid.

Adapaun cara mengatasi gangguan haid secara alami yaitu , jika anda mengalami sakit perut saat haid ( Disminoure) cukup dengan mengkompres perut dengan air hangat yang di masukkan ke dalam botol dan dengan meminum seduhan air rendaman daun pepaya. Jika anda mengalami haid yang tidak teratur ( Amenorrhea) dengan cukup isturahat karena penyebbanya juga karena kelehahan ,dengan mengurangi beban pikiran atau tidak stress, dan juga mengurangi makan makanan yang mengandung banyak lemak dan harus mengkonsumsi buah serta sayur.

Kami meliki obat herbal yang terbuat dari buah majakani/ manjakani di formulasikana dengan rempah – rempah serta herbal pilihan melalui resep rahasia turun temurun yang telah teruji klinis. JAMU MAJAKANI KANZA merupakan obat herbal ajaib yang bisa mencegah serta menyembuhkan berbagai masalah di miss V seperti keputihan , haid tidak teratur dan sakit haid, kista / miom , merapetkan vagina serta program Kb dan hamil.

Untuk melihat kesaksian atau testimony pelanggan kami yang telah merasakan manfaat Majakani Kanza untuk mengatasi masalah Haid, silahkan klik link berikut :  Testimony Majakani Kanza

Comments are closed.